Jumat, 23 September 2011

Wirausaha dilahirkan atau dilatih ?

Wirausaha DILAHIRKAN atau DILATIH ??


Sebelum kita membahas lebih jauh , terlebih dahulu kita ketahui apa itu wirausaha . Wirausaha adalah suatu peluang bisnis menciptakan ide-ide baru dalam menghadapi resiko dan ketidakpastian dengan tujuan mencapai keuntungan . Semua pekerjaan atau profesi tidak dapat dijalani dengan baik tanpa adanya latihan , walaupun banyak orang yang berkata bahwa apabila seseorang mahir atau pandai melakukan sesuatu disebut berbakat dan terlahir sejak kecil tetapi bakat itu tidak akan berkembang apabila tidak adanya pelatihan atau pengasahan .

DWirausaha yang dilahirkan cenderung lebih berani mengambil resiko dari pada wirausaha yang dilatih , karena wirausaha yang dilahirkan cenderung lebih berani dan membelakangi resiko-resiko yang akan terjadi , wirausaha yang dilahirkan tidak mengetahui banyak tentang teori-teori wirauaha dan lebih mengandalkan intuisi bisnis yang ada di dalam dirinya . Sedangkan wirausaha yang dilatih cenderung memikirkan resiko-resiko yang akan terjadi , wirausaha yang dilatih cenderung mengandalkan teori-teori yang sudah ia dapat melalui pelatihan bukan mengandalkan intuisi bisnis karena intusi bisnis yang baik tidak terdapat pada setiap orang .

Dengan demikian , menurut pendapat saya wirausaha itu dilatih atau dilahirkan memiliki kekurangan dan kelebihan masing- masing . Tetapi sekarang lebih banyak wirausaha yang dilatih dari pada wirausaha yang dilahirkan , setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi wirausaha , karena kita diciptakan oleh Nya dengan kesamaan pada setiap individunya . Nah , yang membedakan adalah ada individu yang terus berlatih untuk menjadi wirausaha dan ada juga yang tidak . Pelatihan untuk menjadi wirausaha sudah banyak sekali , seperti contohnya adalah pelatihan usaha yang dilakukan Universitas Gunadarma yaitu melalui kursus atau sekedar berlatih melalui teori saja .

Tidak hanya itu , seperti yang dikutip dari pada tahun 2010 di Bogor ada 200 pemuda mengikuti pelatihan Pemuda Agri Mandiri untuk menjadi wirausaha dalam bidang pertanian didesa mereka masing - masing . Pelatihan dilakukan selama dua bulan , dan rencananya tahun 2011 peserta pelatihan wirausaha ini akan ditingkatkan menjadi 400 peserta . Sungguh perkembangan dan kemajuan yang sangat baik , untuk memperbanyak wirausahawan di Indonesia .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar